Sabtu , Juli 20 2019
Home / Kesehatan / Lari Olahraga yang di Pilih Masyarakat MAGETAN

Lari Olahraga yang di Pilih Masyarakat MAGETAN

FATIHAH FIQRI/RADAR MAGETAN

SEHAT: Memiliki banyak manfaat, lari pun dipilih jadi olahraga bagi masyarakat magetan.

MAGETAN – Lari adalah olahraga yang paling murah. Banyak sekali orang – orang yang memilih lari sebagai alternatif untuk olahraga daripada pergi ke gym atau melakukan olahraga lain yang notabene membutuhkan alat atau keluar uang yang lebih. Di Magetan pun, beberapa orang sudah mempertimbangkan lari bukan sebagai olahraga tapi juga sudah menjadi gaya hidup.

Ardwianita Resti salah satu ketua club lari asal Magetan mengatakan bahwa sudah banyak sekali orang – orang Magetan yang ikut klub atau memang sekedar memilih berlari untuk olahraga.¬† Buktinya yangb bergabung di Magetan Runners bukan hanya dari kalangan anak muda atau atlit sekolah tapi juga beberapa orang yang notabene menjadi karyawan dan juga yang menjadi pegawai negeri. ”Dosen jug ada,” katanya.

Pun, dia melihat bahwa lari sudah dijadikan pilihan dari beberapa sekolah sebagai salah satu alternatif selain jalan santai. Tentu, itu akan lebih baik bagi kesehatan karena lari memang membutuhkan ketahanan fisik lebih ketimbang jalan santai. Agenda tahunan lari saat acara ultah sekolah¬† pun juga memang menjamur. ”Itu juga tanda kalau di sektor pendidikan pun memang lari juga sudah jadi pilihan,” katanya.

Dia menyebutkan secara geografis, warga Magetan memiliki keuntungan lebih. Daerah magetan yang sebagian memang terletak di pegunungan bisa memberikan pilihan latihan lari yang dimaksud. Ada dua tipe lari yakni trail dan road. ”Trail itu yang treknya lebih ke alam, dan medannya sungai, tanah dan bebatuan. Kalau road itu di jalanan aspal biasa,” katanya.

Dengan adanya daaerah pegunungan di magetan dapat memeberikan pilihan mana varian latihan lari bagi masyarakat. Contoh saja, trek lari trail yang sudah pernah dijajal Resti dan kawan – kawannya ada di Desa Singolangu, Kecamatan Plaosan, Magetan. ” Dengan medan – medan jurang dan tanah pegunungan yang menanjak dan trek turunan. Baik buat latihan lari jarak pendek, menengah maupun jarak jauh,” katanya.

Dia menambahkan masyarakat pun juga harus mengerti bahwa dianjurkan untuk lari di pagi hari. Karena, udara lebih segar dan tentunya bisa memberikan manfat lebih bagi para pelari. ” Selain mengurangi berat badan, kesehatan lutut, menstabilkan pernafasan dan menjaga stamina,” tandasnya (mg4)

About Desa Purwodadi

Check Also

images

Jangan Remehkan Manfaat Minum Air Putih

Air putih tenyata tidak sesepele yang banyak orang kira. Di balik kesederhanaan tampilannya, air putih …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *