Sabtu , Juli 20 2019
Home / Tak Berkategori / B. Semangat untuk bersatu dan tidak terpecah belah meski berbeda suku, agama, ataupun pilihan politik

B. Semangat untuk bersatu dan tidak terpecah belah meski berbeda suku, agama, ataupun pilihan politik

Masyarakat Desa Purwodadi memiliki semangat dalam persatuan dan kekompakan. Terbukti, walaupun banyak suku Jawanya, para warga yang berbeda suku tak sungkan untuk mengikuti aturan yang memang dominan ke suku Jawa.

Itu pun juga terlihat saat gelaran pesta demokrasi, semua TPS serempak menggunakan baju adat Jawa tanpa ada yang mempermasalahkan. Selain itu, terbukti dari pilkada Magetan pada 27 Juli lalu, tidak ada gesekan diantara masyarakat mengingat pilihan mereka tak semuanya sama. Hal ini dikarenakan sudah terbentuknya rasa toleransi, rasa persatuan dan kesatuan dalam masyarakat dan diperkuat dengan pemahaman nilai–nilai Pancasila khsusunya sila ke 3.

Poin yang terkandung dalam Pancasila pun berusaha diterapkan dalam setiap keputusan, seperti musyawarah mufakat. Ini bias meminimalisir konflik intern dalam masyarakat, sehingga warga dapat dengan jelas mengerti apa yang tepat bagi kepentingan bersama dan tidak ada pihak–pihak yang merasa dirugikan.

Selain itu, budaya bertegur sapa juga terus dilakukan.  Mengingat, dengan bertegur sapa tapi silaturahmi antar masyarakat bisa terjalin dengan baik. Ini dikarenakan dengan komunikasi yang baik dapat mengurangi kesalah pahaman yang bisa mengakibatkan perpecahan antar masyarakat.

Terakhir adalah persamaan hak–hak tiap masyarakat. Tidak ada diskriminasi didalam masyarakat. Semua masyarakat mendapatkan perlakuan yang sepantasnya. Sebab perbedaan hanya akan membuat masyarakat merasa ada kesenjangan dan dapat mengancam kekompakkan bersama.

About Desa Purwodadi

Check Also

Nasionalisme dan Kesatuan Bangsa

Menciptakan dan mempertahankan kesatuan negara baik melalui internal maupun eksternal merupakan konsep nasionalisme. Tidak hanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *