Kamis , November 15 2018
Home / Profil Desa Purwodadi

Profil Desa Purwodadi

Purwodadi adalah nama sebuah desa yang terletak di Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Letak yang sangat strategis membuat Desa Purwodadi menjadi dikenal oleh masyarakat di daerah-daerah sekitarnya. Di desa ini dahulu berdiri sebuah Kadipaten yang megah dan menjadi pusat pemerintahan yang sangat ramai dimana juga terdapat peninggalan-peninggalan yang patut mendapatkan perhatian khusus sehingga bisa dijaga dan dilestarikan bersama.

Desa yang mayoristas penduduknya memliki jiwa seni tinggi ini memiliki lahan yang subur untuk ditanami berbagai macam tanaman. Desa yang terletak dipinggir Kecamatan Barat ini telah melahirkan beberapa tokoh-tokoh tingkat daerah maupun tingkat nasional yang telah mengharumkan nama daerahnya. Warga masyarakat Desa Purwodadi memiliki rasa kedekatan maupun kekompakan yang tinggi satu sama lain dalam berbagai kegiatan dimana sangat menjunjung tinggi rasa gotong-royong, sikap kepedulian, norma-norma dan nilai-nilai yang luhur sesuai dengan adat budaya masyarakat Jawa seutuhnya.

Sosok Sang Pangeran tanah Jawa dengan sebutan lain Sultan Erutjokro juga pernah berada disini, jejak-jejak perjuangannya yang menjadi sejarah hebat Indonesia pernah terukhir di Purwodadi dan sekitarnya(Magetan-Madiun-Ngawi). Di Purwodadi beliau menurunkan lima orang cucu dari puteranya R.M Dipokusumo yang akhirnya membaur menjadi satu dengan masyarakat. Anak cucu keturunannya terpaksa harus meninggalkan semua embel-embel Keraton seperti semua gelar keningratan yang seharusnya dimilikinya hingga menjadi rakyat biasa sambil melakukan perlawanan terhadap penjajah Belanda. Hal ini juga terjadi pada semua anggota keturunan Sang Pangeran di seluruh Indonesia (kecuali yang saat itu tinggal di luar Jawa yang dirasa aman dari penjajah Belanda). Dimana perintah itu adalah sebuah amanah dari Sang Pangeran bahwa anak cucu keturunannya harus menyembunyikan identitasnya agar tidak diketahui oleh penjajah Belanda. Semua ini beliau lakukan demi menyelamatkan semua keturunannya agar tidak menjadi korban dari penjajah Belanda yang menjadi musuh bebuyutnya. Sang Pangeran Jawa itu adalah Bendoro Pangeran Haryo (B.P.H) Diponegoro, seorang tokoh nasional Indonesia yang berjuang melawan penjajah Belanda.

P = Pawitane

U = Urip

R = Rukun

W = Wargane

O = Oleh pitulungan

D = Dening

A = Allah

D = Dasar

I = Ikhlas